Kecanggihan produk teknologi memang tiada
habisnya. Terbukti di acara DPTalk yang kali ini mengangkat tema Transaksi
Praktis Dalam 1 Gadget. Acara yang diselenggarakan oleh dariperempuan[dot]com di gedung Graha Niaga Jl.Jendral
Sudirman, Sabtu 22 Maret 2014, pukul 10.00-13.00 ini memperkenalkan satu produk
e-money tanpa kartu dari CIMBNIAGA
dengan nama REKENING PONSEL.
Dipandu
apik oleh sosok yang sangat akrab disapa MatahariTimur, tampil sebagai
pembicara pertama yaitu Egard Dewo dari bank terkait dan langsung memaparkan tentang produk
inovatif pertama di Indonesia ini.
Termotivasi
oleh gerakan mendukung program National
Financial Inclusion dari BI, yakni meratanya akses layanan perbankan kepada
masyarakat Indonesia di seluruh pelosok tanah air. Maka dibuatlah satu gebrakan
baru oleh CIMBNIAGA dengan
menjadikan nomor ponsel sebagai nomor rekening tanpa perlu menjadi nasabah. Mengapa
nomor ponsel? Karena jumlah nomor ponsel masyarakat di Indonesia yang teregistrasi sudah melebihi
jumlah penduduk Indonesia itu sendiri. Artinya, mengakses fasilitas perbankan
dengan memanfaatkan nomor ponsel merupakan strategi yang cukup efektif karena dapat dijangkau oleh
banyak penduduk Indonesia tanpa mengenal batas ruang dan waktu.
“Pasti
anda akan takjub dibuatnya!” tegas Egard di sela penjelasannya.
Produk
ini hanya menggunakan ponsel. Yang berisi simcard
tentunya. Apapun nomor (operator) dan jenis ponsel kita, asal bisa SMS, maka kita
dapat mengakses REKENING PONSEL ini tanpa biaya transfer. Hanya membayar biaya
SMS saja. Simple dan sangat ekonomis
bukan?
Bagaimana
cara mendaftarnya?
1. Bila
kita sudah terdaftar menjadi nasabah CIMBNIAGA,
kita tinggal mengaktifkan sistem Go
Mobile lalu dilanjutkan dengan mengikuti petunjuk transaksi. Dan bila sistem
Go Mobile di ponsel belum aktif, kita
hanya perlu mendownload aplikasinya
saja.
2. Bila
kita bukan nasabah CIMBNIAGA,
datanglah ke cabang terdekat untuk mendaftarkan nomor ponsel kita di lembaran
tertulis.
3. Menyerahkan
sejumlah uang sebagai saldo rekening.
4. Selanjutnya
petugas akan meminta kita membuat 6 dijit nomor pin untuk digunakan dalam
bertransaksi.
Apa
saja layanan yang tersedia di Rekening Ponsel?
1. Dapat
digunakan untuk berbelanja, melakukan pengiriman uang, pembayaran tagihan dan
transaksi di seluruh ATM CIMBNIAGA,
layanan ATM Bersama dan ATM Prima.
2. Biaya
charge lebih murah saat digunakan untuk berbelanja di merchant-merchant yang
bekerjasama.
3. Mendapat diskon, cash back dan buy one get one bila melakukan transaksi di XX1, BLITZ, Century, Snowbay, Clarks dan Dairy Queen pada hari Jum’at, Sabtu dan Minggu
3. Mendapat diskon, cash back dan buy one get one bila melakukan transaksi di XX1, BLITZ, Century, Snowbay, Clarks dan Dairy Queen pada hari Jum’at, Sabtu dan Minggu
4. Bila
sinyal terganggu, dapat dilakukan dengan cara kupon.
5. Informasi
saldo dan informasi 10 transaksi terakhir juga dapat kita lihat langsung
melalui layar ponsel
Bagaimana
dengan masalah keamanan?
Dijamin
seratus persen aman. Dengan rekening ponsel kita tidak akan mengalami kejadian
terkait masalah uang seperti kecurian atau ketinggalan dompet. Bahkan saat
ponsel kita hilang, kita tidak perlu cemas dengan uang yang ada di rekening
ponsel kita. Karena kemungkinan terbesar yang dilakukan si pencuri adalah
membuang simcard dan menjual ponsel kita. Tetapi untuk lebih meyakinkan, saat
ponsel kita hilang atau dicuri, segeralah melapor ke operator telepon untuk
memblokir nomor ponsel kita agar si pencuri tidak dapat menggunakannya. Setelah
itu gantilah nomor pin rekening ponsel kita.
Jaminan
keamanan juga dibuktikan dengan adanya SMS berisi passcode ketika kita mau melakukan penarikan di ATM. Passcode ini dikirim setelah kita
memasukkan nomor pin. Setetah kita
memasukkan passcode di layar ATM,
barulah kita dapat membuka fitur-fitur transaksi yang disediakan.
Beranjak
pada topik obrolan selanjutnya oleh Frenavit Putra dari Internet Sehat yang
mengulik tentang perkembangan trend belanja online.
Menurut
data statistik yang disampaikan Frenavit, hingga tahun 2013 lalu ada 4.6 juta
orang saja dari 74.6 juta penduduk Indonesia pengguna internet yang melakukan transaksi
belanja online. Selebihnya murni bersosialisasi dengan aktivitas chatting dan sharing informasi. Hal ini disebabkan oleh beberapa kemungkinan.
Pertama, kurang pahamnya masyarakat mengenai transaksi online. Kedua, fasilitas
praktis perbankan yang belum menyentuh lapisan masyarakat. Ketiga, kecewa
dengan hasil pelayanan lapak online, seperti barang tidak sampai tepat pada
waktunya atau barang yang dibeli tidak sesuai dengan yang ditawarkan.
Tetapi bila melihat perkembangan merchant-merchant
online dan lapak-lapak online (e-commerce) yang makin semarak, tidak menutup
kemungkinan transaksi online pun akan sering dilakukan. Pengguna internet akan
selalu dibuat tertarik oleh promosi produk yang ditawarkan oleh OL-Shop yang
menjamur. Dan angka 4.6 juta pengguna transaksi online yang sudah disebutkan di
awal tadi, akan membengkak menyentuh angka 9 juta orang (dua kali lipat) di
tahun selanjutnya.
Dari
data munculnya banyak e-commerce baru
di jagad maya ini, maka REKENING PONSEL harus bersiap-siap dibanjiri peminat.
Karena orang-orang akan mencari cara pembayaran yang praktis dan mudah
dijangkau. Dan cara penyimpanan uang serta layanan fasilitas perbankan seperti yang
disajikan oleh Rekening Ponsel CIMBNIAGA adalah salah satu solusinya.
Yang
penting untuk diperhatikan bagi para pengguna jasa online adalah, selalu
mengganti password setiap beberapa bulan. Lengkapi komputer dengan anti virus
yang tercanggih. Jangan melakukan transaksi online ketika di warnet atau sedang
menggunakan jaringan wifi. Ketiklah sendiri alamat situs untuk memastikan segi
keamanannya. Dan selalulah menggunakan akal sehat. Tidak perlu mencantumkan informasi lengkap di profil jejaring sosial.
Di
sesi terakhir masih ada Dana Nugroho selaku penikmat sosmed yang menguraikan secara singkat tentang kinerja
Digital Banking Manager yang punya
andil besar dalam mengantarkan CIMBNIAGA
pada peringkat 5 terbesar di Indonesia. Sistim Digital Lounge yang menawarkan banyak fitur dan dapat diakses
secara online, memungkinkan seluruh nasabah melakukan interaksi dengan customer service via online di facebook
dan twitter. Pokoknya, service dijamin
puas deh! Asal sabar aja nunggu jawaban operatornya. Karena tingkat kesulitan klaim yang diajukan mempengaruhi cepat
lambatnya respon dari pihak bank.
Seru
kan? Apa lagi doorprize-nya! Banyaaak bangettt…
Ada T-Shirt, sejumlah uang untuk 2 orang (masing-masing Rp 150.000,-) dalam bentuk rekening
ponsel, software anti virus, tiket nonton, dan dua hadiah utama sebesar Rp
250.000,- juga dalam bentuk rekening ponsel. DPTalk we-o-we banget deh! Walaupun
saya enggak kebagian doorprize, tapi ikut senanglah, siapa tahu di kesempatan lain bisa
beruntung.
Acara
yang dikemas menjadi obrolan santai persembahan dariperempuan[dot]com
ini, berakhir dengan makan siang bersama. Sebelumnya Ani Berta menjelaskan
tentang portal media yang diprakarsainya bersama Julia Hardy sejak 12 September 2012 ini, adalah merupakan sarana informasi
dan interaksi dalam upaya mengedukasi perempuan Indonesia melalui program
talkshow dan sharing informasi via online. Sebagai perempuan, saya sangat
mendukung niat mulia ini. Karena semua perempuan adalah/akan menjadi seorang ibu. Dan seorang
ibu adalah sekolah terbaik bagi para buah hatinya yang kelak menjadi generasi
penerus bangsa di masa yang akan datang. Saya yakin kedepannya DPTalk semakin memberi manfaat bagi banyak orang.
Salam
dariperempuan
!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar