Jumat, 28 Maret 2014

NOMOR HAPE JADI NOMOR REKENING? BISAAA!


 
 Kecanggihan produk teknologi memang tiada habisnya. Terbukti di acara DPTalk yang kali ini mengangkat tema Transaksi Praktis Dalam 1 Gadget. Acara yang diselenggarakan oleh dariperempuan[dot]com di gedung Graha Niaga Jl.Jendral Sudirman, Sabtu 22 Maret 2014, pukul 10.00-13.00 ini memperkenalkan satu produk e-money tanpa kartu dari CIMBNIAGA dengan nama REKENING PONSEL.
Dipandu apik oleh sosok yang sangat akrab disapa MatahariTimur, tampil sebagai pembicara pertama yaitu Egard Dewo dari bank terkait dan langsung memaparkan tentang produk inovatif pertama di Indonesia ini. 
Termotivasi oleh gerakan mendukung program National Financial Inclusion dari BI, yakni meratanya akses layanan perbankan kepada masyarakat Indonesia di seluruh pelosok tanah air. Maka dibuatlah satu gebrakan baru oleh CIMBNIAGA dengan menjadikan nomor ponsel sebagai nomor rekening tanpa perlu menjadi nasabah. Mengapa nomor ponsel? Karena jumlah nomor ponsel masyarakat di Indonesia yang teregistrasi sudah melebihi jumlah penduduk Indonesia itu sendiri. Artinya, mengakses fasilitas perbankan dengan memanfaatkan nomor ponsel merupakan strategi yang  cukup efektif karena dapat dijangkau oleh banyak penduduk Indonesia tanpa mengenal batas ruang dan waktu.
“Pasti anda akan takjub dibuatnya!” tegas Egard di sela penjelasannya.
Produk ini hanya menggunakan ponsel. Yang berisi simcard tentunya. Apapun nomor (operator) dan jenis ponsel kita, asal bisa SMS, maka kita dapat mengakses REKENING PONSEL ini tanpa biaya transfer. Hanya membayar biaya SMS saja. Simple dan sangat ekonomis bukan?
Bagaimana cara mendaftarnya?
1.    Bila kita sudah terdaftar menjadi nasabah CIMBNIAGA, kita tinggal mengaktifkan sistem Go Mobile lalu dilanjutkan dengan mengikuti petunjuk transaksi. Dan bila sistem Go Mobile di ponsel belum aktif, kita hanya perlu mendownload aplikasinya saja.
2.      Bila kita bukan nasabah CIMBNIAGA, datanglah ke cabang terdekat untuk mendaftarkan nomor ponsel kita di lembaran tertulis.
3.     Menyerahkan sejumlah uang sebagai saldo rekening.
4.     Selanjutnya petugas akan meminta kita membuat 6 dijit nomor pin untuk digunakan dalam bertransaksi.
Apa saja layanan yang tersedia di Rekening Ponsel?
1.    Dapat digunakan untuk berbelanja, melakukan pengiriman uang, pembayaran tagihan dan transaksi di seluruh ATM CIMBNIAGA, layanan ATM Bersama dan ATM Prima.
2.   Biaya charge lebih murah saat digunakan untuk berbelanja di merchant-merchant yang bekerjasama.
3.  Mendapat diskon, cash back dan buy one get one bila melakukan transaksi di XX1, BLITZ, Century, Snowbay, Clarks dan Dairy Queen pada hari Jum’at, Sabtu dan Minggu
4.      Bila sinyal terganggu, dapat dilakukan dengan cara kupon.
5.     Informasi saldo dan informasi 10 transaksi terakhir juga dapat kita lihat langsung melalui layar ponsel

Bagaimana dengan masalah keamanan?
Dijamin seratus persen aman. Dengan rekening ponsel kita tidak akan mengalami kejadian terkait masalah uang seperti kecurian atau ketinggalan dompet. Bahkan saat ponsel kita hilang, kita tidak perlu cemas dengan uang yang ada di rekening ponsel kita. Karena kemungkinan terbesar yang dilakukan si pencuri adalah membuang simcard dan menjual ponsel kita. Tetapi untuk lebih meyakinkan, saat ponsel kita hilang atau dicuri, segeralah melapor ke operator telepon untuk memblokir nomor ponsel kita agar si pencuri tidak dapat menggunakannya. Setelah itu gantilah nomor pin rekening ponsel kita.
Jaminan keamanan juga dibuktikan dengan adanya SMS berisi passcode ketika kita mau melakukan penarikan di ATM. Passcode ini dikirim setelah kita memasukkan nomor pin. Setetah kita memasukkan passcode di layar ATM, barulah kita dapat membuka fitur-fitur transaksi yang disediakan.
Beranjak pada topik obrolan selanjutnya oleh Frenavit Putra dari Internet Sehat yang mengulik tentang perkembangan trend belanja online.
Menurut data statistik yang disampaikan Frenavit, hingga tahun 2013 lalu ada 4.6 juta orang saja dari 74.6 juta penduduk Indonesia pengguna internet yang melakukan transaksi belanja online. Selebihnya murni bersosialisasi dengan aktivitas chatting dan sharing informasi. Hal ini disebabkan oleh beberapa kemungkinan. Pertama, kurang pahamnya masyarakat mengenai transaksi online. Kedua, fasilitas praktis perbankan yang belum menyentuh lapisan masyarakat. Ketiga, kecewa dengan hasil pelayanan lapak online, seperti barang tidak sampai tepat pada waktunya atau barang yang dibeli tidak sesuai dengan yang ditawarkan.
 Tetapi bila melihat perkembangan merchant-merchant online dan lapak-lapak online (e-commerce) yang makin semarak, tidak menutup kemungkinan transaksi online pun akan sering dilakukan. Pengguna internet akan selalu dibuat tertarik oleh promosi produk yang ditawarkan oleh OL-Shop yang menjamur. Dan angka 4.6 juta pengguna transaksi online yang sudah disebutkan di awal tadi, akan membengkak menyentuh angka 9 juta orang (dua kali lipat) di tahun selanjutnya.
Dari data munculnya banyak e-commerce baru di jagad maya ini, maka REKENING PONSEL harus bersiap-siap dibanjiri peminat. Karena orang-orang akan mencari cara pembayaran yang praktis dan mudah dijangkau. Dan cara penyimpanan uang serta layanan fasilitas perbankan seperti yang disajikan oleh  Rekening Ponsel CIMBNIAGA adalah salah satu solusinya.
Yang penting untuk diperhatikan bagi para pengguna jasa online adalah, selalu mengganti password setiap beberapa bulan. Lengkapi komputer dengan anti virus yang tercanggih. Jangan melakukan transaksi online ketika di warnet atau sedang menggunakan jaringan wifi. Ketiklah sendiri alamat situs untuk memastikan segi keamanannya. Dan selalulah menggunakan akal sehat. Tidak perlu mencantumkan informasi lengkap di profil jejaring sosial.
Di sesi terakhir masih ada Dana Nugroho selaku penikmat sosmed yang menguraikan secara singkat tentang kinerja Digital Banking Manager yang punya andil besar dalam mengantarkan CIMBNIAGA pada peringkat 5 terbesar di Indonesia. Sistim Digital Lounge yang menawarkan banyak fitur dan dapat diakses secara online, memungkinkan seluruh nasabah melakukan interaksi dengan customer service via online di facebook dan twitter. Pokoknya, service dijamin puas deh! Asal sabar aja nunggu jawaban operatornya. Karena tingkat kesulitan klaim yang diajukan mempengaruhi cepat lambatnya respon dari pihak bank.
Seru kan? Apa lagi doorprize-nya! Banyaaak bangettt… Ada T-Shirt, sejumlah uang untuk 2 orang (masing-masing Rp 150.000,-) dalam bentuk rekening ponsel, software anti virus, tiket nonton, dan dua hadiah utama sebesar Rp 250.000,- juga dalam bentuk rekening ponsel. DPTalk we-o-we banget deh! Walaupun saya enggak kebagian doorprize, tapi ikut senanglah, siapa tahu di kesempatan lain bisa beruntung.
Acara yang dikemas menjadi obrolan santai persembahan dariperempuan[dot]com ini, berakhir dengan makan siang bersama. Sebelumnya Ani Berta menjelaskan tentang portal media yang diprakarsainya bersama Julia Hardy sejak 12 September 2012 ini, adalah merupakan sarana informasi dan interaksi dalam upaya mengedukasi perempuan Indonesia melalui program talkshow dan sharing informasi via online. Sebagai perempuan, saya sangat mendukung niat mulia ini. Karena semua perempuan adalah/akan menjadi seorang ibu. Dan seorang ibu adalah sekolah terbaik bagi para buah hatinya yang kelak menjadi generasi penerus bangsa di masa yang akan datang. Saya yakin kedepannya DPTalk semakin memberi manfaat bagi banyak orang.
Salam  dariperempuan !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar